ayas

ayas

C28-C29

C28-C29
flm klompk gu

My Blogs

Link

In

Organisasi (Tugas 2)

Jumat, 25 Oktober 2013


TUGAS 2
ORGANISASI

1.Jelaskan dan berikan contoh perbedaan diferensiasi vertikal dan horizontal
2.Jelaskan kelebihan dan kelemahan diferensiasi vertikal dan horizontal
3.Jelaskan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam mengukur diferensiasi spatial

Jawab :
  1. -Diferensiasi Horisontal:
Diferensiasi horisontal merujuk pada tingkat diferensiasi antara unit-unit berdasarkan orientasi pada anggotanya, sifat dari tugas yang mereka laksanakan, dan tingkat pendidikan serta pelatihannya. Dapat dikatakan bahwa semakin banyak jenis pekerjaaan yang ada dalam organisasi yang membutuhkan pengetahuan dan ketrampilan yang istimewa, semakin kompleks pula organisasi tersebut. Orientasi yang berbeda akan lebih menyulitkan pada anggota organisasi untuk berkomunikasi dan menyulitkan manajemen untuk mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan dalam organisasi. Bukti paling nyata pada organisasi yang menekankan pada diferensiasi horisontal adalah spesialisasi dan departemenisasi.
Contoh: Pekerjaan merakit mobil dipecah-pecah menjadi rangkaian pekerjaan yang lebih sederhana, dan masing-masing dikerjakan oleh orang yang berbeda

-Diferensiasi Vertical:
Diferensiasi Vertikal. Diferensiasi vertikal merujuk pada kedalam struktur. Diferensiasi meningkat demikian pula kompleksitasnya, karena jumlah hierarki di dalam organisasi bertambah. Makin banyak tingkatan yang terdapat diantara top management dan tingkat hierarki yang paling rendah, makin besar pula distorsi dalam komunikasi, dan makin sulit pengambilan keputusan dari pegawai manajerial, serta makin sukar bagi top management untuk mengawasi kegiatan bawahannya.

Contoh: Seorang pekerja di perusahaan yang di lapisi lagi oleh Supervisor

  1. *Diferensiasi Horisontal:
-Kelebihan:
Dari tiap bagian dari bidang pekerjaan yang berbeda-beda mempunyai seorang perkeja yang mempunyai keahlian khusus dalam bidangnya,dan akan lebih handal dalam pekerjaan yang dia kerjakan. Yang tidak harus memiliki latar pendidikan tinggi.
-Kelemahan:
Dari pekerjaan yang di lakukan tidak maksimal karena latar pendidikan dan contol pekerjaan yang tidak ada menyebabkan terjadinya  menuju tujuan pekerjaan itu menjadi lambat.

*Diferensiasi Vertical:
-Kelebihan:
Semakin banyak orang untuk mengontrol aktivitas yang kian beragam dalam management agar semua bagian menjadi maksimal dan lebih baik yang tidak memerlukan kemampuan khusus pada bidangnya. Sehingga menghemat sumber daya manusia yang ada.
-Kelemahan:
Semakin banyak tingkatan di dalam mangemen makan akan tambah sulit dalam  pengambilan keputusan.   
  1.   -Jarak  lokasi seorang pekerja
-Berapa banyak kantor





Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar

Photo

Pt.Astra Komponen Indonesia