ayas

ayas

C28-C29

C28-C29
flm klompk gu

My Blogs

Link

In

Kewarganegaraan (Tugas 1)

Senin, 02 September 2013


1.Buatlah analisis kasus terorisme dindonesia dari sudut pandang:

    a.Pertahanan dan keamanan Indonesia

    b.Atas nama agama


2.Solusi atas terorisme yang terjadi di Indonesia menurut anda


JAWABAN

1.a. Menyadari sedemikian besarnya kerugian yang ditimbulkan oleh suatu tindakTerorisme,  serta dampak yang dirasakan secara langsung oleh Indonesiasebagai akibat dari Tragedi Bali, merupakan kewajiban pemerintah untuksecepatnya mengusut tuntas Tindak Pidana Terorisme itu dengan memidanapelaku dan aktor intelektual dibalik peristiwa tersebut. Hal ini menjadiprioritas utama dalam penegakan hukum. Untuk melakukan pengusutan,diperlukan perangkat hukum yang mengatur tentang Tindak PidanaTerorisme. Menyadari hal ini dan lebih didasarkan pada peraturan yang adasaat ini yaitu Kitab Undang- Undang Hukum Pidana (KUHP) belum mengatursecara khusus serta tidak cukup memadai untuk memberantas Tindak Pidana.

Terorisme, Pemerintah Indonesia merasa perlu untuk membentuk Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme, yaitu dengan menyusunPeraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) nomor 1 tahun2002, yang pada tanggal 4 April 2003 disahkan menjadi undan-undang Dengan nomor 15 tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak PidanaTerorisme. Keberadaan undang-undang Pemberantasan Tindak PidanaTerorisme di samping KUHP dan Undang-Undang Nomor 8 tahun 1981tentang Hukum Acara Pidana (KUHAP), merupakan Hukum Pidana Khusus.Hal ini memang dimungkinkan, mengingat bahwa ketentuan Hukum Pidanayang bersifat khusus, dapat tercipta karena:





b. Dilihat dari perkembangan aksi terorisme di Indonesia saat ini, memang hampir setiap aksi terorisme yang dilakukan pasti selalu dikaitkan atas nama agama. Kita sebagai masyarakat yang hidup di Indonesia tentu bertanya, mengapa? Apa faktor-faktornya? Apa yang telah diajarkan oleh agama tersebut sehingga para pengikutnya melakukan aksi terorisme? Padahal setiap agama mengajarkan kita untuk mengadakan pedamaian di dunia dan tidak ada agama yang mengajarkan hal tidak benar. Dari sini dapat diketahui bahwa ada sebagian dari masyarakat Indonesia yang sudah menganggap agama sebagai sebuah lembaga/badan. Orang-orang tersebut sangat meyakini bahwa agama mereka yang paling benar dan menganggap bahwa agama yang lain itu salah dan sesat sehingga mereka memberantas siapapun yang beragama lain tanpa menyadari bahwa mereka telah mencemari substansi dari agamanya sendiri. Untuk mengetahui pembahasan masalah ini secara lebih jelas, maka pertama-tama kita perlu mengetahui faktor penyebab aksi kekerasan atau terorisme atas nama agama ini. Secara singkat dan khusus, ada beberapa faktor yang menyebabkan para pelaku teror melakukan kekerasan (terorisme) atas nama agama, yaitu :
- Kurangnya pendidikan agama 
- Kurangnya pengawasan serta perhatian dari orang tua 
- Lingkungan pergaulan

- Ketidakpuasan ekonomi yang bersifat material

- Agama merupakan sumber identitas

2. Aksi-aksi teror yang terjadi di Indonesia banyak sekali terjadi di sekiling kita pastinya dengan  banyaknya insiden ini pemerintah akan selalu meningkatkan upaya pemberantasan terorisme mulai dari kebijakan,peraturan perundang-undangan dan aparat khusus menangani terorisme yang telah di bentuk. Solusinya kita semua pasti sepakat bahwa usaha-usaha memerangi terorisme dalam bentuk apapun tidak boleh dilakukan dengan cara kekerasan seperti yang di katakan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin mengatakan, ia menganggap, pemberantasan teroris dengan kekerasan yang dilakukan Densus 88 justru akan mewarisi dendam pada generasi selanjutnya. Upaya memerangi terorisme harus mengetahui dan mencari sumber masalahnya karena jika tidak diketahui dan dihilangkan dulu factor penyebabnya maka sulit ditemukan langkah-langkah atau strategi yangctepat untuk memberantasnya. Menyoroti masalah terorisme di Indonesia yang semakin meningkatbelakangan ini, bahtiar menyatakan pandangannya tentang pentingnya penegakan hukum dan keadilan di Indonesia. Setiap tindakan kekerasanharus ditindak tegas, siapapun pelakunya dan Pencegahan dan penanggulangan terorisme membutuhkan suatu kejasama secara menyeluruh.Selain kualitas dan kuantitas aparat yang telah dibentuk pemerintah juga perlu adanya dukungan terhadap kepedulian masyarakat, karena dengan melibatkan masyarakat penanggulanan dan pencegahan secara dini terhadap seluruh aksi atau kegiatan terorisme dapat dengan mudah diatasi.

Referensi :
 www. Alamsyahnurseha.blogspot.com 
 www. Bgazacha.blogspot.com




Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar

Photo

Pt.Astra Komponen Indonesia